Robotika



    Teknologi robotika merupakan salah satu teknologi yang penting dalam kehidupan saat ini. Teknologi Robotika dapat meningkatkan produktivitas suatu pekerjaan. Dengan adanya robotika, semua pekerjaan lebih cepat dilakukan maupun pekerjaan yang sulit dan berbahaya untuk dikerjakan sekarang dapat dikerjakan lebih mudah dan aman.


Pengertian Robotika :

    Robotika adalah perpaduan berbagai disiplin ilmu, khususnya mekanin, elektronik, dan komputer. Perpaduan mekanik dan elektronik, bisa tercipta robot sederhana yang memliki banyak manfaat, baik manfaat hiburan atau yang lebih serius untuk membantu berbagai bidang misalnya bidang industri. 

Karakteristik dasar yang harus dimiliki sebuah robot modern adalah sebagai berikut.

1. Memiliki sensor.

    Sensor merupakan peralatan yang berguna untuk mengukur ataupun merasakan sesuatu pada lingkungan di luar robot, layaknya indera pada makhluk hidup, dan memberi laporan hasilnya kepada robot. Dengan adanya sensor, robot bisa memiliki suatu pertimbangan dalam mengambil keputusan.

2. Memiliki sistem kecerdasan.

    Sistem kecerdasan bekerja dengan memproses data masukan berupa keadaan ataupun kejadian yang sedang terjadi dari luar lingkungan. Selanjutnya sistem menghasilkan keluaran berupa instruksi ataupun keputusan pada robot untuk melakukan suatu tindakan tertentu.

3. Memiliki peralatan mekanik.

    Peralatan mekanik berfungsi untuk membuat robot dapat melakukan suatu tindakan tertentu dan berinteraksi dengan lingkungannya. Contohnya seperti adanya roda bermotor untuk bergerak, lengan untuk mengambil objek, dan lain-lain.

4. Memiliki sumber daya.

    Robot juga memerlukan sumber tenaga untuk menggerakkan komponen elektrik dan mekanika yang terpasang. Sumber energi pada robot mencakup penyedia tenaga listrik seperti baterei, dan sistem pengatur transmisi yang bertugas mengonversi tenaga listrik sesuai kebutuhan setiap komponen.


Contoh penggunaan Robotika dalam kehidupan seperti untuk industri, kedokteran, militer, pembangunan, dll.




    Ini merupakan contoh dari penggunaan robot pada dunia industri untuk menangani pembuatan kerangka mobil dan lainnya. Robot sudah sepenuhnya otomatis menjalankan sistem yang sudah diperintahkan sehingga tidak memerlukan bantuan tangan manusia dalam bekerja.


    
    Robot juga bisa digunakan pada bidang kedokteran untuk membantu meringankan kerja para dokter. Diatas merupakan gambar dari bedah robotika.


    Bidang militer pun juga menggunakan robot untuk menambah kekuatan tempur ataupun alusista yang dimiliki. Robot robot ini sudah dipasangi rudal dan senjata lain agar memiliki daya tempur yang cukup, sehingga membantu para tentara dalam perang jika terjadi.


Robotika pun juga bisa dijadikan ajang perlombaan untuk menunjukan kebolehan yang dimiliki dalam menciptakan sebuah robot. Contohnya seperti di bawah ini


       Ini adalah BattleBots, sebuah ajang perlombaan yang menggunakan robot untuk saling menghancurkan, tim yang berlomba diharuskan untuk menghancurkan robot musuh atau membuatnya tidak bergerak lagi, jadi dalam membuat robotnya juga perlu mempertimbangkan beberapa aspek seperi keseimbangan, daya laju, senjata, dan lainnya agar menang.

    Dunia robotika cukup luas untuk dibahas, tetapi beberapa contoh sudah diberikan di atas sehingga terdapat gambaran bahwa robot bisa digunakan dalam keperluan apa saja, dalam dunia fotografi juga menggunakan robot yang dinamakan drone. Semoga dari blog ini bisa memberikan gambaran akan luasnya penggunaan robotika dalam kehidupan. Sekian dari saya, jika terdapat kekurangan mohon dimaafkan. Terimakasih.



Komentar